Cara Menggunakan Kalkulator Ovulasi yang Akurat dan Berhasil

  • Whatsapp
Kalkulator Ovulasi

Masa subur adalah masa dimana lebih tingginya peluang untuk bisa hamil. Untuk memperkirakan kapan terjadinya masa subur, ibu tidak harus pergi ke dokter kandungan, karena bisa memperkirakannya sendiri dengan menggunakan perhitungan sederhana. Dengan hanya memanfaatkan kalkulator ovulasi, ibu sudah bisa memiliki acuan yang mudah dan praktis untuk mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan intim.

Tetapi sebelum menghitungnya, ibu harus mencari tahu dulu cara menggunakan kalkulator ovulasi yang akurat dan berhasil, seperti dibawah ini :

  1. Cara Menentukan Siklus Haid

Dimulainya siklus haid itu sendiri sejak terjadinya pendarahan. Maksud dari pendarahan disini adalah darah yang keluar secara teratur dari mulut vagina saat menstruasi. Tetapi adanya bercak darah tidak bisa dihitung kedalam siklus haid. Sebagai contoh, bercak darah keluar pada tanggal 1 Mei, tetapi keluarnya darah baru secara teratur mulai tanggal 3 Mei. Hal tersebut menandakan bahwa tanggal 3 Mei merupakan hari pertama dari siklus haid. Hari terakhir terjadinya pendarahan sebenarnya bukan akhir dari siklus haid. Yang benar adalah siklus haid diakhiri tepat sehari sebelum menstruasi di bulan berikutnya dimulai.

  1. Perbedaan Durasi Haid Dan Siklus Haid

Masih banyak kekeliruan perbedaan antara makna durasi haid dan siklus haid. Keduanya memang mirip, tetapi sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Siklus haid sendiri mencakup hari pertama menstruasi hingga sehari sebelum terjadinya menstruasi selanjutnya. Normalnya, siklus haid akan berlangsung sekitar 21 hingga 45 hari.

Sedangkan durasi haid adalah berapa hari berlangsungnya menstruasi. Mulai dari hari pertama terjadinya pendarahan hingga hari terakhir keluarnya darah. Durasi haid yang dimiliki sebagian besar wanita sekitar 5 hingga 7 hari, tetapi beberapa wanita lainnya memiliki durasi sekitar 2 hingga 4 hari saja. Secara garis besar, durasi haid bisa dibilang sebagai periode haid itu sendiri. Sedangkan siklus haid merupakan seluruh aktivitas telur didalam ovarium.

  1. Manfaat Kalkukator Masa Subur

Dari namanya saja sudah jelas kalau kalkutor masa subur atau ovulasi ini mampu memperkirakan fertility window atau masa paling subur setiap bulannya. Ibu tidak perlu ragu lagi untuk menghitunganya secara manual, cukup hanya memasukkan informasi informasi terkait saja. Misalnya tanggal pertama siklus haid terakhir, hari terakhir haid, dan rata rata panjang siklus haid. Jika ibu lupa atau kurang yakin dengan tanggal tanggal dari siklus haid terakhir, sebaiknya menunggu hingga haid selanjutnya.

Ibu harus memasukkan informasi yang sesuai supaya kalkulator ovulasi akurat dan berhasil. Dari informasi informasi tersebut, kalkulator akan mulai menghitung kapan masa subur dan puncak ovulasi akan berlangsung. Ibu juga bisa mengatur ovulasi supaya nanti kalkulator mengirimkan notifikasi masa subur.

Kalkulator ovulasi tidak hanya bisa digunakan untuk mengetahui kapan terjadinya masa subur saja, tetapi juga berfungsi sebagai tracker menstruasi. Ibu bisa dengan mudahnya melihat perkiraan kapan dimulainya tanggal siklus haid berikutnya. Selain itu juga ibu bisa dengan mudahnya menyadari saat terjadinya tanda tanda kehamilan atau gejala penyakit yang menyerang organ intim.

  1. Apa Itu Periode Ovulasi?

Ovulasi merupakan saat dimana sel telur yang telah matang akan dikeluarkan oleh ovarium menuju tabung fallopi. Telur hanya bisa dibuahi di masa ovulasi saja, masa yang hanya berlangsung selama 24 jam saja. Sehingga akan jatuhnya secara bersamaan puncak kesuburan wanita bersamaan dengan dimulainya ovulasi. Terjadinya ovulasi biasanya di hari ke-14 siklus haid atau sekitar 10 h  ingga 16 hari sebelum dimulainya siklus haid selanjutnya.

Related posts