Jadilah Anak yang Berbakti! Inilah Amalan Doa untuk Ayah yang sudah Meninggal

Doa untuk Ayah yang sudah Meninggal

Kedudukan orang tua baik ibu atau ayah sangat dimuliakan di dalam agama Islam, hingga bisa membuat siapapun yang durhaka pada kedua orang tua akan mendapatkan dosa yang besar. Disetiap dosa besar tentu ada balasannya.

Orang tua menjadi sosok yang paling berpengaruh dan berjasa bagi kehidupan anak yang sudah merawatnya dan menjaganya mulai dari kandungan hingga menjadi orang dewasa. Jasa tersebutlah yang tidak akan pernah terbalaskan oleh apapun.

Dengan begitu, meskipun orang tua sudah meninggal, sebagai anak tetap harus untuk mengirimkan doa agar orang tua bisa memiliki tempat terbaik disisi-Nya.

Untuk pembahasan kali ini, akan memberikan informasi mengenai amalan doa untuk ayah yang sudah meninggal yang bisa kita panjatkan di setiap shalat ataupun berziarah ke makam ayah yang sudah meninggal.

  • Hadist untuk tetap Berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal

‘’ Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah SAW. Ketika itu datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apalah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orangtuaku ketika mereka telah meninggal dunia?”

Nabi menjawab, “Iya (masih harus tetap berbakti pada orangtua). (bentuknya adalah) Mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjadlin hubungan silaturahmi (kekerabatan) dengan keluarga kedua orangtua yang tidak pernah terjalin, dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Dengan begitu, untuk berbakti pada orang tua tidaklah hanya sekedar mengikuti keinginan mereka. Namun, kita harus memiliki akhlak yang baik juga menjadi salah satu perbuatan untuk berbakti kepada orangtua. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan dalam hadist yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hadist lainnya yang berkaitan tentang seorang muslim patut untuk berbakti kepada orang tuanya.

“Wahai Rasulullah, amal apakah yang paling dicintai Allah?” Beliay menjawab. Shalat tepat pada waktunya.” Kemudia beliau ditanya apalagi amal yang paling dicintai sesudahnya. Beliau pun menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua” (HR. Bukhari).

  • Cara Doa untuk Ayah yang sudah Meninggal

Dengan mengirimkan doa untuk ayah yang sudah meninggal menjadi tanda bakti seorang anak kepada ayah yang sudah meninggal.

“jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shaleh yang mendoakannya.”

Jika seorang anak selalu mengirimkan dan membaca doa untuk ayah yang sudah meninggal, maka almarhum akan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT, diampun segala dosanya, dan diberikan tempat yang terbaik.

Berikut amalan yang bisa dilakukan untuk mengirimkan doa kepada orang tua yang sudah meninggal dunia.

“Khushuushon ilaa ruuhi abii (nama almarhum ayah) bin (nama bapa dari ayah). Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu. Lahul faatihah.”

Artinya, terkhusus untuk ruhnya ayahku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah, untuknya Al-Fatihah.”

  • Manfaat mendoakan Orang Tua yang sudah Meninggal

Berziarah dengan mengunjungi makam kedua orang tua baik itu ibu atau ayah menjadi amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.  Hal tersebut dikarenakan jika kita berziarah ke makan orang tua yang sudah meninggal dapat mengingat bahwa setelah kehidupan di dunia masih ada lagi kehidupan yang harus dilalui, yaitu alam kubur.

Nabi Muhammad bersabda mengenai keutamaan mengunjungi makam orang tua “ Barang siapa menziarahi kuburan kedua orang tuanya atau salah satunya setiap Jumat, maka dia diampuni dosanya dan dicatat sebagai anak yang berbakti.” (HR. Thabarani).

Related posts