Manfaat Air Putih Untuk Anak

  • Whatsapp
Air Putih

Manusia, selalu membutuhkan air kapanpun itu, dan hal ini terbukti dari sejak dalam kandungan, hingga akhir hayatnya. Pada saat dalam kandungan, saat masih berbentuk janin, manusia dibungkus dalam plasenta yang juga terdapat air ketuban. Saat telah lahir didunia, manusia membutuhkan asi sebagai asupan utama untuk bayi karena belum bisa mengkonsumsi hal lainnya, hingga lansia pun tetap membutuhkan asupan air karena mayoritas semakin tua seseorang, akan kembali seperti anak kecil yang dimana akan sulit menahan air kecil yang membuat mayoritas lansia menggunakan popok, maka dari itu lansia pun masih tetap membutuhkan asupan air untuk tubuhnya. Terlebih jika di masa mudanya, seseorang jarang minum air putih, akan memberikan risiko besar pada organ tubuhnya seperti jantung dan ginjal. Dimana jantung adalah organ untuk memompa darah keseluruh tubuh, dan ginjal salah satu fungsinya untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh serta membuang kotoran serta racun. Jadi jika seseorang mengalami sembelit atau urine nya berwarna kekuningan atau bahkan kuning pekat, maka tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga ginjal mencari cairan lain untuk membantu membuang kotoran dari tubuh.

Karena itu, sedari dini para orang tua sangat disarankan untuk mengajarkan anak untuk rajin dan rutin mengkonsumsi air putih setiap hari. Dilansir dari The Asian Parents[1], ada 6 manfaat untuk anak rajin minum air putih yaitu mencegah kerusakan pada gigi anak, menjaga kesehatan fisik dan mental anak, membuat anak tetap lincah bergerak, mencerdaskan anak, menjaga kesehatan mulut anak, dan mengurangi sembelit pada anak. Seperti orang dewasa, anak-anak juga harus menjaga kesehatan saluran pencernaannya dengan mengkonsumsi air putih, karena apabila anak-anak tidak diajarkan untuk menjaga tubuhnya dengan rajin minum air putih, maka organ-organ pencernaan anak tersebut semakin beresiko untuk rusak lebih cepat.

Setidaknya IDI atau Ikatan Dokter Indonesia [2] menyarankan untuk anak 7-12 bulan mengkonsumsi 800 milliliter air atau setara dengan 2-3 gelas, 1,3 liter atau 4 gelas untuk anak berusia 1-3 tahun, 1,7 liter atau 5 gelas untuk anak berusia 4-8 tahun, dan 2,1 – 2,4 liter atau setara dengan 8-10 gelas untuk anak diatas 9 tahun. Berbeda dengan orang dewasa yang disarankan untuk minum 2,7 liter air putih untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria, takaran tersebut disesuaikan karena apabila terlalu banyak, fungsi organ tubuh anak juga tidak dapat bekerja optimal.

Manfaat utamanya anak rutin mengkonsumsi air putih tidak jauh berbeda dengan orang dewasa adalah untuk menyeimbangkan berat badan karena sisa makanan dalam usus dapat memproses asupan makanan sehingga dapat diolah menjadi tenaga dan otot sehingga tidak menjadi lemak. Kemudian membantu ginjal memproses sisa dari makanan tersebut untuk dikeluarkan dengan mudah baik dengan buang air besar ataupun urine. Selain itu, saat anak mengalami hidung tersumbat, minum air putih hangat lebih baik dalam meredakannya dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Berikut beberapa manfaat untuk anak bila rutin minum air putih setiap hari. Maka dari itu juga para orang tua disarankan untuk memberikan anak air minum terbaik seperti AQUA, yang sejak tahun 1972 berkomitmen memberikan masyarakat air minum terbaik. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Selain itu mata air AQUA dipilih dengan proses panjang yang dibantu oleh para ahli geologi dan geohidrologi serta beberapa universitas terkemuka sehingga dapat memberikan kebaikan alam untuk Anda sekeluarga di setiap tetesnya.

Jadi para orang tua, sudah rutin kah anak Anda minum AQUA?

Referensi:

  1. https://id.theasianparent.com/manfaat-air-putih-bagi-anak
  2. https://www.alodokter.com/yuk-bunda-biasakan-si-kecil-minum-air-putih-dengan-cara-ini
  3. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua

Related posts