Review Samsung M12, Spesifikasi, Desain, dan Kemampuan

  • Whatsapp
Samsung M12

Samsung M12 akhirnya mendapat perhatian pasar, setelah sejak tahun 2018 lalu mengalami pengurangan konsumen secara drastis. Galaxy M12 dirancang untuk menargetkan kaum milenial kelas menengah dengan harga yang murah. Di Indonesia smartphone ini dijual dibawah 3 juta rupiah dan konon katanya spesifikasi smartphone ini sangat impas dengan harganya.

Mengingat brand samsung adalah merk internasional yang selalu meluncurkan smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang tidak murah, mustahil rasanya kaum milenial kelas menengah bisa membeli smartphone samsung. Jika bisa membeli, mungkin serie yang paling murah menjadi pilihan seperti A atau seri J. Tetapi kini samsung meluncurkan serie terbaru yakni Galaxy M yang digadang-gadang bisa memperbaiki bruto perusahaan elektronik yang berbasis di Korea itu.

Desain dan tampilan

Salah satu highlight Galaxy M12 adalah layar dengan kecepatan yang tinggi. Ponsel murah dari Samsung ini hadir dengan panel IPS PLS HD + 6,5 inci (720 x 1.600) yang memiliki kecepatan refresh adaptif 90Hz. Meskipun mungkin tidak memiliki resolusi FHD + seperti merk lain, tapi paling tidak tampilan screen begitu menarik bagi pelanggan yang ingin merasakan layar 90Hz dengan anggaran terbatas.

Review kamera Samsung Galaxy M12

Galaxy M12 mengikuti trend yang berlaku yakni quad-camera di bagian belakang. Kameranya diperkuat dengan modul led sensor utama 48MP yang digabungkan dengan lensa ultra lebar sekunder 5MP (bidang pandang 123 derajat), dan dua sensor 2MP untuk makro dan kedalaman.

Kamera belakang utama ponsel menangkap sejumlah detail yang cukup banyak di siang hari dan di bawah buatan. Insinyur Samsung telah merancang suara kamera dengan nada yang sedikit halus, sehingga orang lain tidak terganggu saat Anda berfoto dengan keluarga.

Secara umum, foto tidak akan membuat Anda kecewa, tetapi kecepatan pemfokusan yang agak lambat sehingga hasil foto kurang maksimal saat lengan bergerak. Ada pergerakan gambar yang kurang stabil sehingga saat mengambil video, gambar yang dihasilkan tidak begitu tajam. Sensor ultra-wide 8MP memberikan hasil dasar begitu juga dengan dua sensor 2MP lainnya.

Kinerja perangkat lunak

Ponsel seri M terbaru ini hadir dengan Exynos 850 SoC – chipset 8nm baru dari Samsung. Dipasangkan dengan RAM LPDDR4 4GB dan penyimpanan internal 64GB bersama dengan slot kartu microSD yang memanjang hingga 1TB. Set tersebut memastikan Galaxy M12 berkinerja seperti ponsel budget pada umumnya. Dalam penggunaan sehari-hari, kinerjanya cukup bagus tetapi sesekali akan mengalami kelambatan dan gagap saat beralih antar aplikasi. Anda bisa saja menginstall aplikasi game, tetapi hanya untuk permainan ringan.  Galaxy M12 berjalan pada Android 11 berbasis One UI Core 3.1 out-of-the-box. Samsung telah mengoptimalkan perangkat lunaknya sesuai dengan perangkat keras M12. Itulah mengapa beberapa elemen kunci OneUI akan hilang di sini. Tidak ada Always On Display, tidak ada perekam layar internal, tidak ada Samsung Pay yang hilang di M12. Karena itu, Anda masih dapat mengubah tema, menggunakan gerakan, dan Berbagi Cepat untuk berbagi file.

Baterai

Kombinasi baterai masif 6.000 mAh, chipset Exynos 850, dan layar HD + memastikan Anda tidak perlu mengkhawatirkan daya baterai sepanjang hari. Anda mungkin akan terkejut bahwa samsung M12 tidak akan kehabisan baterai bahkan setelah pemakaian berat. Tidak seperti beberapa flagships Samsung, Galaxy M12 hadir dengan pengisi daya dinding 15W yang mengisi ulang baterai yang sangat cepat dalam waktu kurang dari dua jam tiga puluh menit.

Related posts