Tips Cerdas Belanja Akhir Tahun yang Hemat dan Menguntungkan

  • Whatsapp
Tips Cerdas Belanja Akhir Tahun yang Hemat dan Menguntungkan

Akhir tahun, biasanya kerap jadi momen cuci gudang hingga sale besar-besaran dari e-commerce, retail, dan merchant sejenisnya. Selain memang masa tutup buku, cuci gudang hingga diskon besar dibuat untuk menambah pundi-pundi profit akhir tahun dari merchant yang bersangkutan. Yang online misalnya, ada Harbolnas yang kerap diadakan di tanggal cantik mulai 10.10 (10 Oktober), 11.11 (11 November), hingga puncaknya pada 12.12 (12 Desember).

Buat kamu yang hobi shopping dan berburu barang murah nan berkualitas, pastinya udah hafal nih kapan-kapan aja waktu diskon dan cuci gudang jelang akhir tahun. Nah, supaya belanja akhir tahun nggak jadi bikin kantong bolong karena tergiur semua promo, ada tiga cara cerdas yang bisa kamu coba dari sekarang. Alih-alih uang habis, malah bisa jadi hemat dan menguntungkan, lho.

Belanja online: masukkan barang belanjaan ke dalam wishlist dan cek secara berkala

Untuk akhir tahun, berburu belanjaan di merchant online lebih disarankan daripada belanja ke toko atau offline store. Selain menghemat waktu, dengan belanja online, kamu bisa lebih jeli dalam melihat sekaligus membandingkan harga dari merchant satu ke merchant lain. Plus, hemat tenaga pastinya. Nah, supaya belanja online lebih terasa menguntungkan, mulai dari sekarang, kamu bisa membuat daftar belanjaan yang ingin dibeli beserta kisaran harga pasarnya.

Kemudian, akses minimal tiga situs belanja online favoritmu, cari barang-barang tersebut dan masukkan ke dalam wishlist. Sebagian e-commerce ternama di Indonesia umumnya memiliki fitur yang bisa menunjukkan kenaikan dan turunnya harga barang yang masuk ke dalam wishlist. Bukan tanpa sebab, pastinya, fitur ini berfungsi sebagai salah satu strategi produk dan marketing yang membuat keputusan beli dari calon konsumen semakin meningkat.

Cek daftar wishlist tersebut secara berkala hingga periode promo belanja akhir tahun berlangsung. Biasanya, kamu juga akan menerima newsletter atau notifikasi dari aplikasi e-commerce terkait apabila barang yang menjadi wishlist-mu masuk kategori promo dan mengalami penurunan harga. Selain bisa mendapat harga yang lebih murah, cara ini tentu lebih efektif digunakan untuk berburu barang idaman.

Subscribe newsletter e-commerce untuk menerima info promosi terbaru

Buat kamu yang sehari-hari aktif menggunakan email, pasti nggak asing lagi dengan konsep newsletter offering yang kerap menjadi senjata marketing dari banyak produk. Nggak hanya e-commerce, tapi dari semua perusahaan yang basicnya menjual produk yang bersifat business to business maupun business to consume, umumnya memanfaatkan fitur yang cukup vital satu ini.

Yang menarik, newsletter dari e-commerce atau merchant untuk belanja online lebih banyak digunakan untuk menawarkan aneka promo yang berlangsung di merchant tersebut kepada penggunanya. Nah, jangan sia-siakan kesempatan satu ini. Kalau belum subscribe newsletter e-commerce favoritmu, yuk lakukan segera! Jangan sampai terlewat info penting terkait promosi belanja akhir tahun. Dengan berlangganan newsletter, kamu sebagai pelanggan yang loyal juga berpeluang mendapat promo khusus seperti promo ulang tahun, promo cashback, ongkir, dan lain sebagainya.

Gunakan kartu kredit atau kredit online

Untuk membuat promo yang besar, biasanya e-commerce akan menggandeng berbagai mitra, mulai dari kartu kredit perbankan hingga kredit online dari fintech seperti Kredivo. Nah, buat kamu yang sudah punya kartu kredit bank tertentu hingga akun kredit online Kredivo, yuk persiapkan buat belanja akhir tahun nanti. Jangan lupa bayar tagihan atau billing bulan ini supaya pas momen promosi nanti, limit kreditmu masih mencukupi dan bisa digunakan secara maksimal.

Dibandingkan dengan metode pembayaran lain, kartu kredit atau kredit online tanpa kartu kredit seperti Kredivo membuat transaksi belanja di merchant online bisa menjadi lebih cepat. Selain itu, promo kredit biasanya akan jauh lebih banyak ketimbang promo untuk metode pembayaran biasa seperti bank transfer. Buat kamu yang saat ini belum memiliki akses kredit, ada cara mudah untuk bisa punya akses dalam waktu yang singkat. Apabila kamu sudah memenuhi tiga syarat berikut, kamu bisa langsung daftar akun Kredivo kapan pun dan di mana pun:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun.
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Proses pendaftaran akun Kredivo hanya memakan waktu 1 x 24 jam untuk approvalnya.  Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk daftar dan pilih akun Premium agar kamu berkesempatan mendapat limit hingga Rp 30 juta serta bisa menikmati fasilitas cicilan online dan pinjaman sekaligus. Kredit online dengan Kredivo berlaku untuk digunakan di lebih dari 250 lebih e-commerce dan merchant online yang sudah bermitra dengan Kredivo. Contohnya: Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Berrybenka, Erafone, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan minimum pembelanjaan Rp 1 juta, kamu sudah bisa cicilan dengan menggunakan Kredivo. Selain itu, bebas pilih tenor, mulai 3, 6, hingga 12 bulan, tanpa uang muka dan suku bunga angsuran yang rendah: hanya 2,95% per bulan. Selain itu, Kredivo juga termasuk yang rutin dalam memberikan promo kepada nasabahnya. Tahun lalu, Kredivo memiliki program Harbocil (Hari Belanja Online dengan Cicilan) khusus bagi nasabahnya untuk belanja di berbagai e-commerce rekanan Kredivo. Siapa tahu, tahun ini program tersebut kembali lagi lho. Jadi, sebelum itu tiba,, yuk daftar Kredivo dari sekarang! 🙂

Related posts